Sunday, May 29, 2016

Sentuhan Warna dengan Photoshop

Masih berkaitan dengan topik sebuah gambar / foto, kali ini kita akan memberikan sentuhan warna pada background sebuah foto. Naah.. berikut bisa menjadi sebuah gambaran mengenai sentuhan yang di maksud.


Berikut langkah – langkah yang akan kita tempuh.

1. Atur Pencahayaan
Dapatkan pencahayaan pada foto yang sesuai kebutuhan, tampilkan Curves  dengan pada menu Image -> Adjusment -> Curves… atau dengan  menekan Ctrl + M.



2. Duplikat Background Layer
Layer yang akan kita manipulasi adalah layer duplikasi ini, untuk itu kita bisa menduplikasinya lewat menu Layer -> Duplicate Layer…



3.  Atur Color Balance
Sentuhan warna yang akan kita berikan pada background adalah dengan mengatur intensitas dan keseimbangan dari warna yang ditampilkan. Untuk menampilkan Color Balance kita buka menu Image -> Adjusment -> Color Balance atau dengan shortcut menu di keyboard dengan menekan bersamaan Ctrl+B, maka akan muncul dialog box ‘Color Balance’, atur nilai pada masing-masing radio button ‘Midtones’ & ‘Shadows’.

==

4. Klik  ‘Add Layer Mask’
Kemudian Klik tombol ‘Add Layer Mask’ pada panel layer.



5. Atur Opacity dan Detail Warna Transisi
Klik huruf ‘B’ pada keyboard untuk mengaktifkan mode ‘Brush’, atur Diameter brush, opacity dan flow. Brush semua warna yang akan ditampilkan / di seleksi.



Klik huruf ‘Z’ pada keyboard untuk shortcut zoom, perbesar area pertemuan antara objek rumput dengan pakaian, perkecil diameter brush dan atur ketajaman brush agar lebih detail, brush sekeliling warna transisi tersebut. klik ‘X’ untuk menukar warna ‘set foreground color’, pada mode brush aktif, ini berfungsi untuk menghilangkan atau mengembalikan warna yang di brush.

==

 6. Gabungkan Semua Layer / Merge Visible dengan menekan bersamaan Ctrl+Shift+E



Hasil Akhir



when the picture tell its story, more than just a picture