Sunday, June 5, 2016

Aplikasi Klinik dan Apotek dengan Codeigniter

Happy Sharing...


man-teman,, kali ini saya ingin share projek aplikasi klinik dan apotek, sebagaimana umumnya aplikasi klinik maupun apotek, data yang diolah tidak terlepas dari data pasien, rekam medis, biaya pengobatan, transaksi, penjualan dan pembelian obat, stok obat dan lain-lain.

namun yang unik dari aplikasi ini, hmm kenapa unik?
karena sebelum saya lakukan develop, saya terlebih dulu survei beberapa aplikasi serupa dan saya harap teman-teman developers / bisnis analis pun selalu lakukan hal yang sama dalam hal pengembangan aplikasi generic maupun non-generik... so yang membuat unik aplikasi ini adalah, aplikasi ini dapat digunakan oleh pemilik klinik yang memiliki beberapa klinik di tempat yang berbeda. saya sebut ini konsep korporasi. jujur saja, dalam hal pengembangan aplikasi, saya lebih suka mengembangkan aplikasi dengan konsep tersebut meskipun requirement user hanya untuk satu lapak / klinik saja. saya selalu berfikir bagaimana jika usahanya semakin berkembang? apakah aplikasi yang saya kembangkan akan masih mampu untuk menunjang kebutuhan bisnis mereka. itulah yang ada dibenak saya.. hehehe..

back to topic, selain konsep multi lapak / klinik, aplikasi ini juga dilengkap fitur-fitur standar lainnya sesuai kebutuhan user. dan lain dari yang lain, untuk modul obat (terutama stok obat), saya buat lebih spesifik. jika teman-teman lihat pada gambar stok obat disana tertera stok = 12 Box, 7 Strip, 5 Tablet dll. jadi kondisi tersebut akan selalu dinamis jika terjadi pembelian/penjualan maupun peracikan obat. stok obat akan selalu berubah sesuai dengan data satuan yang digunakan dalam transaksi namun minus nya, belum ada perhitungan pajak pendapatan / pengeluaran, rawat inap dll.

wahh,, ini pembahasannya malah lebih ke flow/bisnis proses nantinya. untuk algoritma modul obat dan lain-lainnya akan saya share lain waktu deh.

fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain :
1. Modul General
   - General Setting
   - Biaya Medis
   - Lokasi Penyimpanan
   - Data Satuan
   - Status Stok Opname
   - Status Pembayaran
   - Kategori Obat
   - Kategori Pelanggan (BPJS / Non BPJS)
   - Kategori Rekam Medis
   - Keterangan SKD
   - Kategori Spesialis Dokter

2. Master Data
   - Data Toko / Klinik
   - Data Pengguna
   - Data Pelanggan / Pasien
   - Data Supplier
   - Data Obat

3. Apotek
   - Pembelian
   - Retur Pembelian
   - Penjualan
   - Retur Penjualan
   - Stok Obat

4. Klinik
   - Jadwal Dokter
   - Daftar Periksa
   - Transaksi

5. Maintain
   - Stok Opname
   - Mutasi Obat
   - Update Harga Obat (Multi Proses)
   - Aktifitas Pengguna

6. Akses
   - Grup Akses
   - Modul Akses

7. Bantuan 
   - Bantuan
   - Tentang Kami

Dashboard - Aplikasi Klinik dan Apotek Online

Menu Pengguna - Aplikasi Klinik dan Apotek Online

Menu Transaksi Penjualan dan pembelian - Aplikasi Klinik dan Apotek Online

Daftar Stok Obat - Aplikasi Klinik dan Apotek Online

Transaksi - Aplikasi Klinik dan Apotek Online

Rekam Aktifitas - Aplikasi Klinik dan Apotek Online

Grup Akses - Aplikasi Klinik dan Apotek Online


4 comments: