Sunday, May 29, 2016

Golden Sunset dengan Photoshop

Pada tutorial efek photoshop kali ini, kita akan melihat betapa mudahnya merubah efek tampilan matahari terbenam / sunset dengan menggunakan Gradient Map! Saat saya berfikir tentang foto sunset yang sempurna, tiba-tiba terbayang dalam benak warna merah yang hangat, orange dan kuningnya cahaya matahari yang terpantul dan membias di sepanjang gelombang air. Sunset adalah salah satu aspek natural dalam dunia photography, dimana langit terlihat sangat dramatis juga kaya dengan bias keemasan cahaya matahari dan sangat menarik untuk di pandang.

Ini foto yang saya ambil saat perjalan pulang di sebuah kapal…


Saya suka menikmati bagaimana matahari siap tenggelam dibawah garis horizontal, saat menikmatinya akan sangat membantu memberikan inspirasi, motivasi dan lainnya.

Berikut ini foto yang tampak setelah sedikit adjust menggunakan gradient map.

1. Tambahkan “Gradient Map” pada Layer
Kalau kamu sudah mengikuti beberapa tutorial sebelumnya pasti bisa melihat bahwa hal paling pertama yang saya lakukan disetiap tutorial adalah menduplikasi background layer, Meskipun dalam kali ini kita akan menggunakan adjustment layers pada photoshop, dan hal terpenting dari adjustment layer adalah kita bisa menyunting tanpa merubah property pada foto aslinya (Non-Desctructive). Dengan kata lain kita menyunting foto tanpa secara langsung menyunting aslinya.
Photoshop memberikan kita pra-penglihatan (Preview) dari foto yang akan tampak setelah kita beri sentuhan adjustment, sekalipun kita gunakan Level atau Curves adjustment layer untuk merubah keseluruhan kontras foto, Hue/Saturation adjustment layer yang digunakan untuk merubah warna foto atau Threshold adjustment layer untuk menyunting tingkat pencahayaan gelap/terang sebuah foto dan setiap penyuntingan dikerjakan pada adjustment layer itu sendiri. tak ada yang disunting secara langsung pada foto.
Well… kita diskusikan tentang adjustment layer pada tutorial yang lain, tapi sekarang kita akan tahu apa yang akan dihasilkan dengan Gradient Map adjustment layer dimana kali ini kita tidak perlu menduplikasi background layer.
Hal pertama yang kita lakukan adalah klik icon New Adjustment Layer dibawah palet layer kemudian pilih Gradient Map dari list adjustment layer yang muncul.


2. Klik Pada Gradient Map Preview Area untuk Menyunting Gradient
Dan akan muncul Gradient Map Dialog Box maka klik bagian tengah dari gradient tersebut.


3. Ubah area gelap foto menjadi warna merah
Saat muncul dialog box Gradient Editor kita ganti warna gelap dari foto menjadi warna merah dengan mendouble klik Black color stop pada dialog box tersebut.
Dan ganti setiap nilai pada masing-masing textbox, atau pada textbox warna.
Maka warna yang dihasilkan pada layer akan tampak seperti ini :
4. Setting Area terang dengan warna kuning
Nah.. selanjutnya kita tambahkan warna kuning untuk membuat warna gradient dari kuning ke merah dengan mendouble klik gradient map yang sudah ada pada palet layer.
Dan ganti warna White color stop pada dialog box Gradient Editor yang muncul kemudian tentukan warna kuning yang akan dipilih pada Color Picker box yang muncul dengan memberikan nilai pada masing-masing textbox warna.


Maka gradient yang dihasilkan akan tampak seperti dialog box dibawah ini.


5. Ganti Blend Mode dari Gradient Map menjadi Overlay
Pada palet layer, kita ganti Blend Mode dari Normal menjadi Overlay.



6. Turunkan Nilai Opacity dari Gradient Map
dan hasilnya...

No comments:

Post a Comment